Rangkaian Acara HUT ke-495 DKI Dibuka, Ini Alasan Anies Pilih Nama Jakarta Hajatan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 Jakarta di Kepulauan Seribu, Selasa (24/5/2022). Acara tahun ini juga merupakan pencanangan nama Jakarta Hajatan untuk perayaan ulang tahun Jakarta ke depannya.

Dalam acara di Pulau Bidadari Kepulauan Seribu ini, diadakan acara bertajuk Opening Ceremony: Jakarta’s 495th Anniversary Celebration & Digital Nomad Island Launching. Dalam acara ini, diadakan talkshow untuk membahas peningkatan pariwisata di Kepulauan Seribu.


Selain itu, ada juga pembahasan pariwisata dengan pihak dari Kepulauan Maladewa (Maldives). Sebagai bagian dari acara perayaan, diadakan juga pertunjukan atraksi jetski dan pencanangan nama Jakarta Hajatan.

Anies menjelaskan, pemilihan nama Jakarta Hajatan memiliki filosofi yang berkaitan dengan unsur budaya Betawi.

“Hajatan itu istilah yang sangat Betawi. Ini adalah istilah masyarakat Betawi dan kalau hajatan langsung tahu pasti ada syukurannya, ada senangnya, doa perayaannya,” ujar Anies di lokasi.

Menurutnya penamaan Jakarta hajatan sangat cocok dengan perayaan ulang tahun Jakarta. Sebab, hajatan merupakan kegiatan yang dilaksanakan banyak orang dan penuh suka cita.

“Hajatan itu pasti semua orang datang. Zaman dulu masih saling bantu untuk bisa hajatan berjalan dengan baik,” jelasnya.

Dalam Jakarta Hajatan kali ini, Pemprov DKI mengangkat tema kolaborasi, akselerasi, elevasi.

Kolaborasi artinya kerja sama, kesetaraan, serta saling mendukung. Sedangkan, akselerasi yang ingin dilakukan adalah percepatan dalam banyak pekerjaan termasuk pengembangan Kepulauan Seribu.

“Ketiga adalah elevasi, elevated sesuatu hang berfungsi mengangkat. Kita ingin agar kota kita naik derajatnya, naik tingkatnya dalam perannya membahagiakan warganya,” pungkasnya.

Video Editor: Bayu Yunianto 

Selasa, 24 Mei 2022 21:40 WIB

Author: Rinaldi Aban | Fakhri Fuadi Muflih